Rabu, 10 Agustus 2011

Drama Sejarah Korea - Kapan Indonesia punya drama yg kaya' gitu?

Drama Korea, siapa sih yang sekarang gak tau drama Korea? kalopun gak nonton, pasti pernah denger orang yang cerita, iya kan?

Salah satu drama Korea yang menarik perhatian mata adalah drama bergenre Sejarah, pasti masih pada inget Dong Yi, atau yang lama deh, Dae Jang Geum. Inget kan? Kenapa menarik? karena, drama - drama tersebut ditulis dan dilayar perak-kan berdasarkan sejarah nyata. fakta. bukan fiksi semata.

Orang di luar Korea mungkin gak bakal tau, itu sejarah asli apa bukan. Taunya, "ceritanya seru loh" atau "pemainnya guanteeeng loooh" [ hell yeah, that's me! ^^]. Padahal, kalo ditelusuri dan dipelajari bener - bener,  drama - drama itu gak cuma bertujuan untuk menghibur penonton. Ada tujuan lain, yaitu mengingatkan masyarakat Korea [ khususnya] akan sejarah mereka, dan memperkenalkan sejarah tersebut ke dunia luar "ini lho, sejarahnya Korea".

Kalau diamati bener - bener, bahkan pada jaman Dinasti Joseon ( Juli 1932 - Agustus 1910). Korea sudah terbagi 2 kubu, Selatan dan Barat, yang kini menjadi Korea Utara dan Selatan. Orang tengkar ternyata lama juga yak? dari awal bentuk kerajaan sampe sekarang..ckckckckck *di seplak Kim Jong Il *

Berikut beberapa drama Korea yang terinspirasi dari sejarah nyata Kerajaan Korea. 

Dae Jang Geum - hidup di awal abad 16 dan menjadi satu-satunya perempuan dalam sejarah medis keluarga kerajaan Korea. Tercatat di buku - buku medis kerajaan, terakhir mengobati keluarga kerajaan pada tanggal 29 Oktober 1544, dan tidak ada catatan sesudahnya. Jang Geum tidak mempunyai nama keluarga, karena kecerdasannya dibidang kesehatan, Raja Jung Jong mengangkatnya sebagai pejabat tingkat 3 dengan gelar "Dae" yang berarti "Hebat".


Dong Yi - Choi Dong Yi adalah ibu kandung dari raja Yong Jo [bertahta 30 Agustus 1724 - 5 Maret 1776]. Berasal dari keluarga biasa - rakyat jelata - namun pandai, dan putranya menjadi Raja yang paling lama bertahta sepanjang sejarah Korea.

Raja Yong Jo
Sungkyunkwan Scandal - Universitas Sungkyunkwan telah berdiri sejak tahun 1391, dimana semua pelajarnya dididik untuk menjadi seorang pejabat pemerintah. Inti sejarah bukan pada perempuan yg menyamar sebagai laki2 untuk masuk Sungkyunkwan University, tetapi pada sejarah Geum Deung Ji Sa - dokumen kerajaan dimana tercatat penyesalan Raja Yong Jo, yang telah memerintahkan puteranya Pangeran Sado, untuk melakukan bunuh diri, karena dianggap tidak akan mampu menjalankan kerajaan karena sakit mental yang diderita Pangeran Sado. 

Kim Man Deok - Queen Seon Deok dan masih banyak lagi. Adalah segelintir dari drama yang diangkat dari kisah nyata. Membawa ke masa kini, apa yang terjadi pada masa kerajaan, mengingatkan akan sejarah dengan cara yang mudah dan gak bikin ngantuk. 

Kemudian jadi mikir, kapan ya Angling Darma bisa jadi seperti itu? gak ada naga terbang - dan dubbing huasyem yang bikin ilfil penontonnya?. Berkhayal kerajaan Majapahit bisa difilmkan secara kolosal, kaya drama sejarah korea yg kolosal-nya serius kolosal. Gak modal studio doang... 

Sepertinya, khayalan saya susah untuk direalisasikan. Sepanjang sinetron tukar menukar masih menduduki rating tertinggi, jangan harap ada drama sejarah kolosal di negeri ini. 

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ada film kolosal yg bagus dan bener2 kolosal, cuma satu yg pernah q tonton, RORO JONGGRANG versi asli.yg main klo ga salah minati atw cintami atmanegara. keren bgt tu filmnya bro

Unknown mengatakan...

yang paling saya suka itu ceritanya jejungwon, ada pengetahuan mengenai bedah dan sejarah jepang yang mulai berkuasa di asia
kalau mungkin di indonesia ada dalam bentuk film, jangan harap dalam bentuk sinetron karena hanya akan menemukan sekuel seperti misteri gunung merapi, dsb. mungkin sutradara di indonesia kurang tertarik sama hal yang begituan